Tax Amnesty: Definisi dan Prosedur Menjalankannya

Tax Amnesty: Definisi dan Prosedur Menjalankannya

GoTax Consulting — Pada tanggal 28 Juni tahun 2016, hasil keputusan dari rapat paripurna DPR mengesahkan Undang Undang Pengampunan Pajak atau biasa disebut dengan Tax Amnesty. Adapun hasilnya ini membuktikan wujud komitmen dari Pemerintah untuk terus melakukan reformasi kebijakan dalam perpajakan. Diharapkan, dengan adanya peraturan baru ini akan mampu menyerap banyak anggaran negara.

Kebijakan ini sendiri sempat juga menimbulkan keresahan masyarakat dikarenakan sosialisasi yang tidak memadai alias belum tepat sasaran. Tidak sedikit masyarakat yang kurang memahami apa itu tax amnesty termasuk manfaat yang ditawarkan. Dan yang lebih penting lagi adalah bagaimana upaya untuk bisa mendapatkan tax amnesty tersebut. Di pembahasan ini akan dibahas tentang hal tersebut seperti:

- Arti dari Tax Amnesty itu sendiri adalah pengampunan pajak yang merupakan bagian dari kebijakan pemerintah. Tujuannya adalah agar pemasukan negara bertambah sehingga mampu untuk menambal defisit anggaran. Lalu, mengapa Tax Amnesty harus dilakukan?

- Tax Amnesty adalah salah satu cara yang dilakukan dengan tujuan agar para Wajib Pajak yang punya simpanan di luar negeri mau untuk memberikan keterangan tentang dana yang dimiliki. Dan selanjutnya, mau membayar pajak dengan tarif yang lebih rendah dari standarnya. Diharapkan, pendapatan negara akan meningkat.

Perlu diketahui bahwa Tax Amnesty ini pernah dilakukan namun gagal bahkan cenderung tidak berhasil sama sekali. Hal disebabkan masih banyak respon yang kurang dari Wajib Pajak yang mau memanfaatkan dengan baik.

beritasatu.com

Cara untuk mendapatkan program Tax Amnesty tidaklah sulit karena rata rata hampir sama berlaku di dalam negeri. Anda bisa memulainya dengan;

- Melakukan Pelaporan

Yup, prosedur yang pertama adalah melakukan pelaporan kepada KPP (Kantor Pelayanan Pajak) entah itu di luar negeri maupun di dalam negeri. Adapun proses ini memang wajib dan sifatnya sangat rahasia, sehingga Wajib Pajak tak perlu khawatir dan tidak akan dibagi dengan pihak lain.

- Menyetorkan Surat Pernyataan Aset

Selanjutnya, proses yang kedua adalah penyetoran surat pernyataan aset kepada bagian petugas pajak. Adapun data yang dilaporkan adalah wajib dan data yang diberikan harus benar benar asli dan sesuai. Setelah itu, wajib pajak akan mendapatkan surat keterangan setidaknya 10 hari setelah proses penyerahan dokumen maupun data.

- Proses Penghapusan dan Pembebasan Sanksi

Nah, proses selanjutnya adalah proses terpenting proses pemberian fasilitas penghapusan pajak. Hal ini terbagi menjadi pembebasan dari sanksi pidana dan beberapa administrasi. Langkah selanjutnya adalah mengikuti proses investasi harta kepada bank.

Tax Amnesty adalah bagian dari usaha agar pendapatan negara dari sektor pajak semakin naik. Selain itu, mampu meningkatkan kesadaran masyarakat terlebih bagi pengusaha yang telah sukses. Maka tak heran, jika Presiden sendiri melakukan sosialisasi terus menerus terlebih di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan hingga Makassar.

Selain itu, diharapkan mampu mendorong pertumbuhan investasi sehingga memunculkan pertumbuhan ekonomi yang pesat. Karena jelas, setiap negara sudah pasti membutuhkan pemasukan dari sektor pajak yang normal dan sehat. Dan dampak positifnya adalah mampu meningkatkan iklim investasi di Indonesia.

Selain itu, dengan adanya Tax Amnesty juga menjadi cara terbaik menekan hilangnya pendapatan Tax Based riil dari sektor pajak. Alasannya sederhana, Tax Amnesty sendiri adalah bentuk dari Law Enforcement dimana Wajib Pajak yang selama ini kurang mematuhi peraturan yang ada. Jadi, pastikan Anda mengikuti Tax Amnesty dengan prosedur sederhana dan data Anda akan dirahasiakan.

Jasa konsultan pajak terpercaya #1 Sidoarjo

Jasa konsultan pajak terpercaya #1 Sidoarjo