Syarat Pembuatan NPWP Online & Fungsi NPWP Bagi Karyawan

Syarat Pembuatan NPWP Online & Fungsi NPWP Bagi Karyawan

Konsultan Pajak Malang — Tahukah Anda bahwasanya NPWP wajib dimiliki oleh karyawan loh. Hal ini dikarenakan Anda akan mendapatkan berbagai manfaat. Adanya yang beranggapan bahwasanya pengurusan NPWP cukup rumit dan membuat karyawan malas untuk mengurusnya. Jika setiap karyawan tidak memiliki NPWP maka akan terancam pidana penjara paling cepat selama enam bulan dan paling lama hingga 6 tahun.

Kini di zaman sekarang sudah terdapat teknologi di berbagai macam bidang, sudah banyak kegiatan yang mengandalkan berbasis online, termasuk pembuatan NPWP. Dengan kemudahan ini tak seharusnya bermalasan-malasan mengurus NPWP bukan? Lalu apa syarat untuk membuat NPWP? Apa sih fungsi NPWP bagi karyawan? Penasaran dengan topik ini? Jika iya, simak terus ulasan ini sampai tuntas.

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwasanya NPWP merupakan instrumen pajak yang wajib dimiliki oleh setiap karyawan yang bekerja pada perusahaan dan sudah terhitung sebagai wajib pajak. Semakin hari semakin dimudahkan dalam pembuatan NPWP. Kini membuat NPWP bisa dilakukan secara online. Lalu apa sajakah persyaratannya? Berikut persyaratan yang harus dipenuhi, diantaranya:

Menyiapkan Identitas Serta Data Diri

Identitas diri serta data diri sudah menjadi syarat utama yang harus dipersiapkan untuk membuat NPWP karyawan secara online. Kartu identitas diusahakan dalam keadaan baik tanpa cacat sedikitpun dan masih masa berlaku. Dalam pembuatan NPWP online, Anda harus menyediakan hasil scan salah satu kartu identitas yang bisa dipilih, diantaranya:

- Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi warga negara Indonesia

- Scan Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS), Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP), ataupun paspor untuk Warga Negara Asing yang sedang berdomisili di Indonesia.

Menyiapkan Keterangan Kerja Dari Perusahaan

Syarat selanjutnya yang tak kalah penting adalah mengunggah hasil scan surat kerja dari perusahaan. Surat ini biasanya dikeluarkan oleh perusahaan di tempat Anda bekerja. Hal ini juga menjadi bukti bahwa Anda merupakan karyawan resmi di perusahaan tersebut.

Mengisi Formulir Pendaftaran NPWP

Setelah mengumpulkan berkas dokumen dalam bentuk hasil scan, maka langkah berikutnya ialah dengan mengisi formulir pendaftaran secara langsung melalui website yang ada.

Email yang Masih Aktif

Pastikan ketika mendaftar NPWP secara online menggunakan email yang masih aktif. Hal ini dikarenakan semua informasi yang berkaitan dengan pengisian formulir akan dikirimkan melalui email yang sudah Anda daftarkan.

deskera.com

NPWP memang sudah menjadi hal yang wajib bagi setiap karyawan. NPWP sudah diatur di Undang-undang. Jika ketahuan tidak memiliki NPWP maka akan dikenakan hukuman pidana. Berikut fungsi memiliki NPWP bagi karyawan yang harus Anda ketahui, diantaranya:

Memudahkan Untuk Membuka Rekening Tabungan

Kini beberapa bank yang mulai menerapkan persyaratan berupa kepemilikan NPWP bagi calon nasabah ketika ingin membuka rekening tabungan. Memanglah ini bukanlah persyaratan mudah, namun alangkah lebih mudah membuka rekening ketika Anda memiliki NPWP.

Memudahkan Untuk Melakukan Kredit di Bank

Ketika Anda ingin mengajukan kredit, termasuk KPR bank akan mewajibkan calon debitur untuk memiliki NPWP. Jika Anda ingin mengajukan kredit dengan limit yang besar maka NPWP akan menjadi syarat utama.

Memudahkan Untuk Mengurus Restitusi Pajak

Bagi wajib pajak yang mengalami kelebihan bayar pajak dari jumlah yang seharusnya, bisa langsung untuk mendatangi kantor pajak setempat agar bisa ditindaklanjuti berupa pengembalian dari selisih yang sudah terlanjur disetor dengan syarat harus memiliki NPWP.

Memiliki NPWP bagi karyawan kini sudah menjadi wajib. Hal ini dikarenakan NPWP memiliki berbagai macam fungsi yang bisa Anda gunakan. Kini untuk membuat NPWP tidaklah sulit dan repot. Anda bisa membuat NPWP secara online dengan memenuhi persyaratan. Semoga ulasan ini bisa membantu Anda.

Jasa konsultan pajak terpercaya #1 Sidoarjo